Sunday, July 12, 2020

Avian Encephalomyelitis pada Ayam Gejala Hingga Pengobatannya

Avian Encephalomyelitis (AE) adalah penyakit viral pada ayam yang menyerang sistem saraf pusat. Berikut informasi yang perlu diketahui mengenai virus ini versi Cakrawala Unik


PENDAHULUAN


Avian encephalomyelitis disebabkan oleh virus Avian Encephalomyelitis Virus (AEV) golongan Picorna yang memiliki struktur RNA berantai tunggal (ssRNA).

AEV termasukdalam genus Hepatovirus yang hanya memiliki 1 serotipe. AEV memiliki 2 patotipe yaitu strain lapang (enterotropic/ mempengaruhi saluran pencernaan) dan strain embroyadapted (neurotropic/ menyerang sistem saraf).

Angka morbiditas (kesakitan) akibat penyakit ini bisa mencapai 60% dan angka mortalitas (kematian) sekitar 50%.

Penularan AE terutama terjadi secara vertikal dari induk yang menyebabkan penurunan daya tetas telur. Anak ayam terinfeksi dapat juga menyebarkan virus ke anak lain di inkubator.


GEJALA KLINIS

Gejala saraf yang khas biasanya ditunjukkan pada ayam muda umur 2-3 minggu seperti tremor mulai otot kepala leher, kelumpuhan, ataksia, ayam tengkurap seperti sujud dan hock-sitting.

Bila menyerang ayam petelur , akan terjadi penurunan produksi yang bersifat sementara sebanyak 5-10% namun tidak diikuti dengan gejala syaraf.


PATOLOGI ANATOMI

Otak menjadi lembek dan berwarna kuning pucat pada penderita AE. Otot ventrikulus nampak area keputihan pada ayam penderita. Gambaran histopatologi ventrikulus terdapat infiltrasi leukosit.
(Gambar ventrikulus (kanan) merupakan ayam penderita AE)

DIAGNOSA BANDING

Avian encephalomyelitis sering dikelirukan dengan ND (Newcastle disease), Marek's disease dan gangguan nutrisi (contoh defisiensi vitamin B2/Riboflavin).


PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN

- Membeli DOC dari perusahaan pembibitan yang telah vaksinasi AE.
- Tidak ada pengobatan yang bisa mengobati penyakit AE. Bila menemukan afkir ayam sakit untuk mencegah penyebaran. Pemberian terapi suportif untuk menambah nutrisi. Pemberian desinfektan golongan iodine dan aldehyde karena virus ini termasuk stabil tidak beramplop.

Share This Article


Copyright © 2014 CakrawalaUnik