Wednesday, July 29, 2020

Mengapa Mata Kucing Bersinar Ketika Gelap?

Jika kalian perhatikan ketika kucing berada di dalam gelap matanya akan bersinar bukan? Mengapa demikian? Berikut kita simak yang dirangkum oleh Cakrawala Unik



Mata kucing bersinar di malam karena adanya tapetum lucidum yang merupakan lapisan tisu pada mata tepat di belakang retina mata hewan. Sedangkan manusia tidak memiliki lapisan ini.

Fungsi tapetum lucidum ini meningkatkan kemampuan melihat dalam kondisi gelap, tapi kelemahannya juga dapat menyebabkan pandangan menjadi kabur karena gangguan dari proses refleksi

Warna sinar yang dihasilkan oleh lapisan tapetum lucidum berbeda-beda ketika terkena cahaya ada yang berwarna biru biasanya pada hewan mamalia kucing dan anjing. 











Warna kuning pada rakun, 












dan warna merah pada tikus, kelinci, dan burung. 














Proses Bersinarnya Tapetum Lucidum 

Cahaya masuk melalui kornea kemudian melewati pupil dan iris. Setelah itu sinar masuk ke dalam retina. Proses ini tidak jauh beda dengan proses pada manusia tetapi pada hewan, sebagian sinarnya akan diserap tapetum llucidum sehingga dapat dipantulkan lebih kuat dan membuat hewan bisa melihat dengan jelas di malam hari.


Semoga Bermanfaat !

Share This Article


Copyright © 2014 CakrawalaUnik