Monday, July 13, 2020

Limfoid Leukosis (LL) pada Ayam Gejala Hingga Pengobatannya

Limfoid Leukosis atau Lymphomatosis big liver disease atau lifoid sarkoma adalah salah satu penyakit tumor komplek. Berikut informasi yang perlu diketahui mengenai virus ini versi Cakrawala Unik


PENDAHULUAN

Limfoid Leukosis disebabkan oleh virus dalam genus Alpharetrovirus, famili Retroviridae. Retroviridae merupakan virus RNA yang memiliki enzim reverse transriptase yang dibutuhkan untuk pembentukan DNA provirus selama replikasi.

Avian Leucosis/sarcoma virus (ALSVs) terdapat pada ayam dibagi ke 6 subgrup yaitu A,B,C,D,E dan J berdasarkan glikoprotein pada amplop virus yang menentukan antigenisitasnya. Paling banyak ditemukan yaitu subgrup A dan B.

Masa inkubasi virus ini adalah 14 minggu. Paling tinggi menyerang ayam saat mencapai kematangan seksual (umur 16 minggu).

Penularan virus ini bisa terjadi secara horizontal maupun vertikal. Penularan vertikal berasal melalui telur. Penularan horizontal dapat terjadi secara langsung atau tidak langsung. Virus keluar bersama feses dan air liur ayam penderita.

Virus ini mati apabila kena senyawa etil ether. Diinaktivasi secara cepat pada suhu tinggi 50°c selama 8,5 menit dan suhu 60°c selama 0,7 menit.



GEJALA KLINIS

Gejala umumnya penurunan nafsu makan. Ayam kurus dan sangat lemah, perut membesar, bulu kotor karena asam urat atau zat warna empedu. Pial dan jengger pucat hingga kebiruan.


PATOLOGI ANATOMI

Perubahan khas ditemukan hepar menjadi sangat besar sehingga rongga perut terisi hati. Oleh sebab itu penyakit ini juga disebut big liver disease.

Biasa ditemukan tumor ada pada hati, limpa, bursa fabrisius, ginjal, pulmo, cor, sumsum tulang dan mesenterium. Tetapi paling sering ditemukan tumor pada hati dan limpa.


DIAGNOSA BANDING

Limfoid Leukosis sering dikelirukan denga penyakit Marek, Retikuloendoteliosis (RE), dan myeloid leukosis(ML).


PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN

- Membeli anak ayam yang bebas limfoid leukosis.

- Tidak ada pengobatan yang bisa mengobati penyakit ini.

- Afkir ayam yang sakit.

Share This Article


Copyright © 2014 CakrawalaUnik